KEGIATAN RUTIN POSYANDU DI DESA BODDIE

  • Jul 08, 2024
  • INDAH PUSPITA SARI

Posyandu (Pos Pelayanan Terpadu) merupakan upaya Pemerintah untuk memudahkan masyarakat Desa dalam memperoleh pelayanan kesehatan ibu dan anak. Salah satu program utama posyandu adalah menyelenggarakan pemeriksaan bayi dan balita secara rutin. Hal ini penting dilakukan untuk memantau tumbuh kembang anak dan mendeteksi sejak dini bila anak mengalami gangguan tumbuh kembang.

Jenis pelayanan yang diselenggarakan mencakup penimbangan berat badan, pengukuran tinggi badan, pengukuran lingkar lengan dan lingkar kepala, evaluasi tumbuh kembang serta penyuluhan dan konseling tumbuh kembang. Hasil pemeriksaan tersebut kemudian dicatat dalam buku KIA atau KMS.

Posyandu Desa Boddie terjadwal setiap:

  1. Tanggal 04 (Posyandu Melati, Boddie)
  2. Tanggal 05 (Posyandu Aman, Lamasa)
  3. Tanggal 06 (Posyandu Sejahtera, Lempangeng)

Pada posyandu bulan ini, Petugas Imunisasi Puskesmas Mandalle M. Arif Sirajuddin, S.Kep Ns. MM menyampaikan kepada peserta posyandu dan bagi siapapun yang mempunyai anak usia 0 sampai dengan 7 tahun 11 bulan 29 hari untuk  menghadiri pelaksanaan Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio.  

Imunisasi Polio sangat penting untuk melindungi anak-anak dari penyakit polio. Polio adalah penyakit yang dapat menyebabkan kelumpuhan dan bahkan kematian. Oleh karena itu, petugas Imunisasi menghimbau kepada seluruh orang tua untuk membawa anaknya kembali ke Posyandu pada tanggal 23 Juli 2024.

“Imunisasi polio ini memberikan 2 kali tetes polio (tidak disuntik), aman, dan gratis. Jadi jangan ragu untuk membawa anak-anaknya ke Posyandu”. Tutup  Petugas Imunisasi.